Select Page

harikehari.id – Pembahasan kali ini sedikit menyentuh ranah teknis namun masih bisa dimengerti untuk kalangan umum dan awam. Area pembahasan teknis ini pun masih cukup general atau umum, lebih detail anda bisa berdiskusi langsung melalui kolom komentar atau menghubungi penulis melalui media komunikasi lain, mudah-mudahan bisa membantu anda yang sedang mempelajari materi ini.

Teknologi komunikasi atau transmisi saat ini semakin “booming” karena setiap orang sudah sangat terbiasa atau bergantung dengan yang namanya informasi. Informasi-informasi yang dibutuhkan biasanya diakses melalui smart phone atau telepon pintar. Namun semakin banyak orang yang akses internet melalui smart phone maka semakin banyak pula akses komunikasi atau transmisi yang diperlukan. Mari skip dulu pembahasan teknologi seluler atau broadband ini, mari fokus pada kabel fiber optic itu sendiri.

INFORMASI ADALAH SALAH SATU PERAN DALAM MEMBANTU KEHIDUPAN MANUSIA

Kabel fiber optic adalah media penyaluran sinyal/komunikasi antara satu tempat ke tempat lainnya. Analogi sederhananya adalah handphone kita berkomunikasi dengan tower/antena terdekat melalui media udara atau yang disebut radio. Jadi tidak ada fisik yang menghubungkan kedua perangkat tersebut (handphone dan antena/tower/BTS), namun berbeda dengan media fiber optic. Media fiber optik merupakan media fisik yang menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya yaitu kabel fiber optik, sudah tentu berbeda perangkat dan spesifik yang menggunakannya.

 

Pertanyaannya, mengapa tidak melalui transmisi radio saja?

Kenapa memilih menggunakan fisik kabel padahal ribet?

Keunggulan kabel fiber optik itu apa saja sehingga ada yang menggunakan?

 

Satu persatu pertanyaan akan kita bahas

Jawaban pertanyaan yang pertama adalah jika menggunakan media udara/radio ada keterbatasan lebar pita transmisi sehingga sinyal komunikasi yang dikirimkan pun terbatas. Terbatas yang dimaksud disini adalah jika penggunaan sinyal secara serempak oleh banyak user/pengguna misalnya besaran sinyal yang digunakan diatas 100 MB atau lebih.

Selanjutnya dengan media fisik kabel fiber optik bisa mengakomodir sinyal dengan lebar pita yang cukup besar bahkan lebih dari 100 GB. Selain itu kelebihannya bisa menjadikan lebih stabil dibandingkan radio yang terpengaruh oleh cuaca dan sebagainya.

 

Keunggulan yang utama sudah disebutkan di atas namun perlu dipahami juga bahwa pemeliharaan kabel fiber optik tidaklah mudah karena kabel biasanya digelar di dalam tanah atau di tiang-tiang. Sudah jelas bahwa menjaga kabel agar tetap aman tidak mudah, selain faktor alam dan bencananya seperti tiang roboh, longsor dan banjir, gangguan terhadap hewan pun sering dijumpai. Banyak hewan pengerat seperti musang senang menggigit fisik kabel dan semut pun senang menggigit bagian dalam kabel (core fiber optic). Disamping hal-hal tadi, pembangunan infrastuktur jalan pun menjadi tantangan tersendiri karena sudah kita tahu kabel terletak di dalam tanah. Jika ada pembangunan jalan sudah tentu kabel yang sudah ada akan rusak atau bahkan putus dengan aktivitas tersebut, namun masih banyak cara untuk antisipasi hal ini.

 

FIBER OPTIK MENJADI SOLUSI SAAT INI SEBAGAI MEDIA TRANSMISI YANG DIANDALKAN

 

Kembali ke judul pembahasan yaitu APA SIH SPLICE DAN OTDR ITU?

Apakah sudah ada yang tahu dan mengerti?

Iya benar, sebagian sudah menjawab dengan benar bahwa Splice dan OTDR itu adalah metode atau tools/peralatan untuk menjaga atau memperbaiki kabel fiber optik itu sendiri.

 

Kita mulai dengan OTDR dulu ya.

YANG PERTAMA kepanjangan dari kata OTDR adalah Optical Time Domain Reflectometer. OTDR digunakan untuk :

  1. Mengukur panjang kabel
  2. Melihat dan analisa rugi-rugi/redaman (loss) di dalam kabel
  3. Mengetahui jumlah sambungan dan konektor
  4. Memperhitungkan kualitas kabel

Harga OTDR sangat beragam, produsen tools ini pun banyak dan mempengaruhi harga jualnya seperti dari Jepang (Anritsu, Yokogawa), China (Veex, Joinwit) dan lainnya. Harga tools OTDR ini antara 30 juta sampai ratusan juta sesuai dengan spesifikasi. Semakin tinggi spesifikasi semakin tinggi pula harganya, spesifikasi dasar yang sering kita jumpai adalah kemampuan panjang jarak maksimum pengukuran kabel.

 

Selanjutnya YANG KEDUA pembahasan mengenai SPLICE. Splice itu sendiri adalah cara untuk menyambungkan kabel fiber optik, hal ini jika kondisi kabel putus atau penyambungan kabel untuk kebutuhan yang lebih panjang. Nama peralatan atau tools yang digunakan adalah SPLICER, splicer digunakan untuk splicing/menyambung kabel optik. Teknologi splicing itu adalah menyambungkan antara 2 core kabel optik dengan cara dipanaskan/dibakar dan ditutupi dengan selang plastic pengaman (protection sleeve). Harga tools splicer pun beragam bergantung kebutuhan, harganya yang biasa ditemukan dimulai dari 50 juta rupiah.

 

PERLU DIINGAT ADALAH,

OTDR dan Splicer adalah tools dasar yang harus dimiliki oleh siapa saja yang sedang mengerjakan pembangunan kabel fiber optik dan/atau bagian yang melakukan pemeliharaannya. Untuk mengoperasikan pun perlu pelatihan khusus karena sebagai orang awam perlu mengetahui fungsi dan tata cara menggunakan, bahkan jika salah melakukan dan menggunakan splicer bisa berakibat fatal terhadap kecelakaan kerja. Karena sifat core kabel optik sangat halus bisa saja masuk ke dalam bagian tubuh kita yang sangat sulit untuk dikeluarkan.

 

Sebagai tambahan informasi, tools-tools pengukuran (elektrikal) apa saja yang biasanya digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan fiber optik :

  1. OTDR
  2. Splicer
  3. OPM (Optical Power Meter)
  4. OLS (Optical Light Source)
  5. OPI (Optical Power Identifier)
  6. Laser

 

Selamat belajar dan bekerja dengan fiber optik, mohon bantu penulis untuk koreksi jika ada informasi di atas yang tidak sesuai. Informasi yang penulis dapatkan ini murni berdasarkan belajar dan pengalaman bekerja di bidang telekomunikasi seluler dan broadband.

 

Bagikan informasi ini untuk teman dan kerabat agar dapat bermanfaat kepada lebih banyak orang, lalu silakan ceritakan pengalaman anda berkaitan dengan fiber optik atau telekomunikasi lainnya di kolom komentar.

 

SEISMIL harikehari.id

 

BACA JUGA :

SERING GAGAL INTERVIEW MELAMAR KERJA, LAKUKAN PERSIAPAN INI
NAIK KRL COMMUTER LINE BINGUNG, INI CARANYA