Select Page

HIBURAN BERSAMA KELUARGA DI RUMAH HARUS YANG TERBAIK DAN MENJADI UTAMA

harikehari.id – Kebutuhan internet saat ini di dalam kehidupan sehari-hari sudah hampir sama dengan ibarat meminum air, bukan lagi seperti kebutuhan akan makanan tapi minum.

Terlihat berlebihan bukan? Iya memang benar berlebihan namun seperti itulah adanya karena hampir setiap waktu layaknya haus di tenggorokan yang muncul setiap saat maka setiap waktu itulah diperlukan internet. Tidak hanya keperluan pekerjaan, keperluan harian seperti komunikasi dengan anggota keluarga lain pun menggunakan aplikasi chat yang ditunjang jaringan internet.

 

Jaringan infrastruktur di Indonesia saat ini terus berkembang, bahkan pemerintah telah membangun jaringan infrastruk fiber optik dari Indonesia barat sampai Indonesia timur dengan nama Palapa Ring Project. Untuk apa? Demi menjaga kecepatan akses, coverage dan jumlah transmission information di seluruh pengguna jaringan internet di seluruh Indonesia.

Kembali ke pembahasan internet rumah, sudah hampir pasti rumah anda sudah terpasang jaringan internet untuk mendukung aktivitas harian di rumah. Internet Service Provider atau biasa disebut ISP semakin hari semakin menjamur karena bisnis ini didukung pula oleh permintaan yang cukup besar.

 

Beberapa ISP populer untuk segmen residensial saat ini :

  • First Media (PT. Link Net)
  • Indi Home (PT. Telekomunikasi Indonesia)
  • Oxygen Home (PT. Mora Telematika Indonesia)
  • My Republic (PT. Eka Mas Republic)
  • Biznet Home (PT. Supra Primatama Nusantara)
  • XL Home (PT. XL Axiata)
  • Bali Fiber Home (PT. Bali Towerindo Sentra)

 

Dalam hal ini penulis hanya memiliki 2 produk untuk menjadi bahan komparasi, tentu sudah dipikirkan aspek lainnya sehingga mendekati objektif. Sisanya masih berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

 

Hosting Unlimited Indonesia

 

Dua produk yang dimaksud adalah First Media dan Indi Home

 

Aspek apa saja yang perlu disamakan :

  1. Berlangganan paket internet yang sama (internet 10 Mbps)
  2. Jumlah channel TV dengan tipikal hampir sama
  3. Harga yang hampir sama, perbedaan hanya 1-2%
  4. Berlangganan di rumah yang sama

 

Disclaimer :

Hasil review berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan tidak bermaksud untuk menguntungkan dan merugikan pihak manapun

 

Aspek apa saja yang menjadikan ketidakakuratan data :

  1. Mulai berlangganan First Media pada tahun 2015
  2. Mulai berlangganan Indi Home pada tahun 2019
  3. Perbedaan brand perangkat (modem/ONT dan STB)
  4. Infrastruktur akses (kabel coaxial hybrid dan kabel serat optik)

 

 

BERIKUT PENJABARAN PERBANDINGAN FIRST MEDIA DAN INDI HOME :

 

FISIK DAN FUNGSI MODEM (ONT)

Modem First Media dengan merek Cisco, merek perangkat ini sudah mendunia dan sudah terbukti kehandalannya. Berwarna hitam, tanpa antenna dan bisa ditempelkan di dinding. Kabel adaptor cukup memadai sekitar 1 meter.

Indi Home menggunakan modem dengan merek Fiberhome, yang penulis tahu bahwa merek Huawei juga menjadi modem Indi Home karena tetangga rumah penulis menggunakannya. Bentuk agak sedikit besar dilengkapi dua antena dan bisa pula ditempelkan di dinding. Bentuk hampir sama dengan router-router internet yang umum digunakan di kantor dan tempat-tempat umum. Panjang kabel adaptor 1 meter.

Modem pada Indi Home terdiri dari 4 port, 2 digunakan untuk telepon dan Set Top Box TV dan 2 lagi untuk akses Local Access Network (LAN). Sedangkan pada First Media berbeda karena modem berfungsi tunggal untuk sambungan internet tidak ada sambungan dengan Set Top Box TV , terpisah dan dipisahkan oleh splitter kabel, hanya tersedia port LAN.

 

Baca juga : OJEK ONLINE BIKIN BANGKRUT, YUK KITA SIASATI

 

FISIK DAN FUNGSI SET TOP BOX (STB)

First Media menggunakan merek Samsung berwarna hitam dengan slot kartu di dalamnya. Fisiknya cukup besar namun masih tidak mengganggu pemandangan, secara fungsi tidak bergantung pada STB. Fungsi STB hanya support untuk menonton tanpa fitur lainnya. Ukuran dan fungsi remote standar.

Indi Home menggunakan merek ZTE, berwarna hitam dan ukurannya sangat kecil hampir sama dengan ukuran handphone. Namun bekerja dan berfungsi bergantung pada ONT di port 4, koneksi melalui kabel LAN. Ukuran remote standar namun fungsi lebih kompleks dari Firstmedia. Apa yang dimaksud kompleks? Indi Home memberikan fitur STB lebih dibandingkan First Media, dengan biaya berlangganan yang sama anda dapat mengakses internet langsung dari TV anda meskipun spesifikasi teknis TV sangat standar, bahkan TV lama anda seakan-akan seperti fungsi smart TV yang harganya cukup mahal.

Cukup menyenangkan bukan? Ini yang menjadi nilai positif dari Indi Home, paling tidak untuk browsing sederhana bersama keluarga bisa lebih menyenangkan. Didukung pula aplikasi movie favorit seperti Iflix, Catchplay dan Hooq ikut memberikan kenyamanan entertainment player di ruang keluarga anda.

 

INSTALASI KABEL DI DALAM RUMAH

Pada bagian ini masih bisa diasumsikan sebagai bagian minor, karena hanya menyentuh bagian estetika di rumah, bagi penulis ini penting. Mengapa penting? Bagi penulis setiap orang yang masuk ke dalam rumah sudah pasti melihat bagian ruang keluarga dan disana tempat TV dan segala aksesorisnya. Semakin rapi semakin elok dipandang.

Firstmedia yang notabene menggunakan kabel coaxial hybrid sudah tentu fisik ukuran kabel lebih besar. Berbeda dengan indihome yang menggunakan kabel optik Drop Wire (DW) yang berukuran lebih kecil. Cara instalasi bergantung pada teknik dan selera anda sehingga tetap nyaman untuk dilihat.

 

KECEPATAN INTERNET

Dari hasil pengecekan, keduanya memberikan hasil test yang tidak signifikan. Dari besarnya unduh (download) dan unggah (upload) masih dalam range yang sama, yang berbeda hanya ping test yang menjadikan Indi Home sedikit lebih unggul dibandingkan First Media dengan nilai < 10ms.

Cara pengambilan sample ini :

  1. Menggunakan laptop yang sama
  2. Rentang waktu yang sama, hanya berbeda 2 menit
  3. Capture hanya pada tes kedua

Walaupun jika tes dilakukan berulang-ulang, ping test First Media menunjukan angka yang lebih baik walaupun masih belum mencapai nilai < 10ms atau rata-rata > 20ms.

 

 

CHANNEL TV

Masing-masing operator memberikan layanan TV yang berbeda-beda, namun penulis berusaha untuk menyamakan channel-channel TV yang favorit sebagai bahan perbandingan. Kali ini penulis menyamakan dari channel :

  1. Standar TV lokal
  2. Fox Family Movies
  3. Disney Channel/Junior
  4. National Geographic

Channel TV lainnya penulis anggap sebagai plus dan minus karena masing-masing memiliki kontrak channel yang berbeda.

Kualitas gambar antara dua operator ini sama baiknya tidak nge-lag atau terpotong-potong dalam kondisi normal.

 

Baca juga : MEETING SELALU GA EFEKTIF, KENAPA YA

 

AKSES DAN PENGOPERASIAN

Kondisi tertentu mengharuskan anda melakukan penyetalan ulang pada ONT, kedua operator ini dengan kondisi normal sama-sama tidak rumit dan mudah dilakukan.

Berbeda saat pengoperasian TV dan fiturnya, berhubung Indi Home memberikan fitur lebih (seperti akses internet dari TV) maka pengoperasiannya pun sedikit lebih kompleks dari pada First Media (tidak ada fitur tambahan, hanya untuk menonton TV channel). Namun tidak perlu khawatir, karena pengoperasiannya masih mudah layaknya anda mengoperasikan telepon genggam anda. Serba klik dan informatif yang disertai tampilan gambar-gambar icon yang muncul di setiap fungsi.

Aplikasi mobile Indi Home dari pengoperasiannya sangat mudah, lengkap pula dengan informasi status pelanggan. Jika ingin menambah fasilitas seperti internet, layanan TV, complain dan sebagainya cukup akses dalam genggaman anda. Yang menarik adalah Indi Home sangat fleksibel terhadap beberapa tambah layanan sehingga bisa digunakan dan berhenti kapan saja, cukup klik di aplikasi mobile. Sejauh ini penulis belum pernah mengoperasikan aplikasi mobile First Media, sepertinya belum ada atau penulis belum update.

 

LAYANAN CUSTOMER SERVICE

Berhubung belum pernah mengalami gangguan pada Indi Home, penulis belum bisa memberikan ulasan secara rinci perbandingan keduanya. Namun secara umum kedua operator ini memberikan layanan customer service yang professional dan mudah mengaksesnya, selain melalui call center anda bisa juga complain melalui media social twitter.

 

HARGA PAKET

Informasi ini yang anda tunggu, bukan?

Sesuai informasi sebelumnya bahwa perbandingan harga paket ini hampir sama karena penulis ingin benar-benar pastikan bahwa komparasi ini sudah objektif.

Harga paket First Media (tagihan Juli 2019) : IDR 370,400*

Harga paket Indi Home (tagihan Juli 2019) : IDR 374,000*

*harga tertera di atas sudah termasuk pajak

 

Hosting Unlimited Indonesia

 

Apakah anda masih bingung memilih yang mana?

Atau ternyata dua operator di atas tidak masuk dalam lingkungan rumah anda?

 

TIPS :

Pilihlah yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga di rumah

 

Mari ceritakan pengalaman anda yang berhubungan dengan internet rumah di kolom komentar, lalu bagikan informasi ini kepada teman, sahabat atau kerabat sebagai bahan referensi.

 

 

SEISMIL – harikehari.id

 

 

Baca juga :
PUSING RUMAH BERANTAKAN TANPA ART, MUNGKIN INI PERLU DICOBA
OPINI – TANGAN SAKIT DAN KAPALAN SETELAH PAKAI OBENG