Select Page

Sering mendengar, “Saya mau mulai bisnis tapi dari mulai dari mana?”

Sering pula mendengar, “saya punya banyak kenalan untuk saya jual produk, tapi saya tidak punya modal?”

Lalu kadang mendengar, “Saya punya modal tapi mau bisnis apa ya?”

 

Saat saya ingin membangun bisnis, awalnya sama seperti yang disampaikan di atas. Namun saya terus mencoba mencari informasi bagaimana memulainya. Baik itu awalan yang kecil dan mudah maupun yang sedikit membutuhkan efforts.

Sebagai contoh effort semangat dan percaya diri, itu yang harusnya mudah lagi pula gratis. Jika ditanya niat berbisnis saya itu mulai kapan, ya mulai dari sejak saya kecil. Contohnya SD saya mulai menjual ikan cupang, lalu merugi. Kuliah mulai menjual kaos alumni SMA, menjual gorengan ulen, sampai membuka usaha tour leader di Bandung, namun lagi lagi tidak berkembang. Karena saya tidak menyerah, coba lagi saat setelah lulus kuliah saya dan ayah saya tercinta membuka usaha jual beli mobil bekas ditambah bengkel body repair, lalu sama tutup juga. Masih punya keinginan berjuang dan menganggap yang lalu adalah pelajaran, masih mengharapkan berhasil lalu dicoba lagi. Dilanjut awal menikah, saya dan istri membuka usaha bidang fashion, tidak tutup namun tidak berkembang kurang lebih 5 tahun.

Dari perjalanan usaha-usaha atau bisnis saya yang lampau dan belum berhasil, saya selalu mengambil hikmah dan pelajarannya mengapa bisnis saya masih mandek. Sampai sekarang pun saya masih terus belajar bagaimana mencari peluang. Untungnya selama perjalanan itu saya juga menjadi seorang profesional di bidang telekomunikasi sudah 10 tahun lebih. Ini juga menjadikan saya lebih cepat dan dapat banyak ilmu bagaimana kerangka bisnis itu sendiri. Tidak mudah untuk membagi waktu, namun saya selalu berpesan kepada diri sendiri bahwa perusahaan yang telah memberikan saya pekerjaan dan nafkah tidak boleh saya curangi, artinya selain saya harus konsisten menjaga waktu dan performa saya bekerja sebagaimana perusahaan telah memberikan upah saya bekerja. Hanya waktu tidur, istirahat, dan leha-leha saya yang berkurang, kebanyakan waktu luang itu saya gunakan untuk mencari ilmu bisnis dan menjalankan bisnis saya sendiri. Masih ada waktu pukul 19.00 – 24.00 di hari Senin hingga Jumat dan weekend saya punya waktu luang selama 2 hari, waktu dengan keluarga tetap saya maksimalkan.

Saat ini saya memiliki beberapa produk bisnis, namun hanya dinaungi dalam 2 perusahaan (PT). Perusahaan-perusahaan ini milik saya sendiri dan masih ada andil saham dengan teman. Yang pertama bidang Telekomunikasi dan kedua adalah Digital Marketing plus Food & Beverages. Dari kedua bidang itu memiliki banyak produk, sebagai contoh di telekomunikasi saya memiliki produk untuk supply hardware/sofware komputer, jasa install kabel optik dan perlengkapannya. Contoh lain di bidang digital marketing, saya punya produk copywriting dan food beverage dengan hampers dan kue kering.

Lalu apa yang saya perlukan?
Saat ini saya ingin mencari partner bisnis yang mampu bekerja sama dengan saya. Iya, cukup bekerja sama dengan saya. Bagi saya dalam menjalankan bisnis yang diperlukan adalah semangat bekerja, kreatif dan komunikatif, support modal usaha dan percaya, dan terakhir saling bantu membantu. Mungkin tidak semua orang memiliki kriteria lengkap seperti yang disebutkan namun paling tidak salah satunya dimiliki.

Landasan saya pun sangat sederhana yaitu bagaimana selama saya hidup di dunia bisa bermanfaat untuk orang lain, jika terlalu luas minimal saya bisa bermanfaat untuk orang tua, keluarga kecil dan saudara kandung saya. Bermanfaat serta mampu mencukupi kebutuhannya, itu kebahagiaan versi saya.

Maka dari itu, jika ada pembaca yang tertarik dan masuk dalam kriteria di atas dapat menghubungi saya. Namun jika hanya sekedar niat maka sebaiknya tidak perlu bergabung, karena bagi saya bisnis itu keras perlu mental dan kesiapan lainnya. Jadi harus lebih dari sekedar niat.

Bagi pembaca yang berminat dapat menghubungi saya ke alamat email info@harikehari.id (langsung sapa saya, nama saya Hendri). Mudah-mudah semakin banyak pengusaha maka negara Indonesia tercinta kita semakin maju dan hidup kita akan lebih bermakna dan memberikan manfaat untuk orang di sekitar.

Salam kebaikan, Hendri 2021