Select Page

harikehari.id – Mungkin banyak sekali diantara kita yang belum mengenal KRL Commuterline, apa sih itu?

Kepanjangan KRL sendiri adalah Kereta Rel Listrik dan dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI), saat ini baru kawasan Jabodetabek yang memilikinya.

Angkutan umum ini disebut angkutan umum yang sudah cukup modern karena sudah menerapkan jadwal tepat waktu dan sistem bayar elektonik. Bahkan beberapa stasiun pun sudah “disulap” menjadi mewah hampir layaknya stasiun MRT/LRT.

 

Nah, masih bingung dan ragu bagaimana caranya menggunakan KRL?

YUK KITA COBA BERSAMA-SAMA.

 

SYARAT UTAMA

Cek tempat asal dan tujuan kita, apakah ada stasiun KRL terdekat. Bisa dengan mencari tahu di google atau download aplikasi KRL access di telepon pintar kita, lengkap maps dan jadwal keberangkatan di setiap stasiun.

Siapkan kartu pembayaran elektronik (emoney, flazz, dsb), di setiap stasiun pun kita masih bisa membeli kartu multi/single trip tapi terkadang untuk mengembalikan kartu dan mengambil depositnya di stasiun tujuan perlu antri panjang. Lebih baik punya kartu elektronik sendiri, hemat waktu dan tenaga.

 

MARI MENUJU STASIUN TERDEKAT DAN MULAI PERJALANAN

Untuk akses masuk, silakan tap kartu pembayaran elektronik anda di sebelah KIRI dan tunggu sampai lampu berwarna hijau menyala, ingat tap di sebelah KIRI.

Jika terjadi kegagalan saat memasuki pintu masuk, bisa jadi karena :

  1. Kartu pembayaran anda masih baru dan belum pernah dipakai di stasiun KRL manapun sebelumnya, perlu tap dulu untuk pengenalan kartu baru biasanya ada di dekat loket
  2. Saldo anda kurang (kurang dari 5.000 rupiah), sebaiknya isi dulu minimal 10.000 supaya aman dan tenang
  3. Jika dua poin di atas sudah dilakukan namun masih gagal, anda bisa meminta bantuan petugas yang biasanya berjaga di setiap akses pintu elektronik masuk dan keluar stasiun

 

Silakan berjalan menuju peron yang sesuai dengan tujuan anda, mohon perhatikan rambu-rambu keselamatan dan petunjuk yang ada di stasiun, tetaplah berhati-hati dan selalu memperhatikan keluarga dan barang bawaan.

Saat ini di setiap peron sudah ada petunjuk layar dengan 3 jadwal keberangkatan, pastikan anda tidak menunggu di peron dan naik KRL dengan tujuan yang salah, tidak lupa untuk selalu mendengarkan petunjuk dari petugas stasiun.

Saat kereta datang dan anda bersiap naik, mohon perhatikan garis aman peron demi keselamatan dan menunggulah di samping pintu bukan tepat di depan pintu KRL karena kita harus menunggu dan mendahulukan penumpang yang turun selesai atau keluar dari KRL.

 

KRL belum dilengkapi pengaman peron terhadap kereta seperti MRT/LRT, PERLU WASPADA selalu awasi anak-anak

 

MULAI PERJALANAN BERSAMA KRL

Setelah penumpang turun selesai saatnya kita naik KRL, tidak perlu tergesa-gesa, perhatikan celah peron dengan kereta dan selalu memperhatikan keluarga dan barang bawaan lalu carilah tempat duduk jika masih tersedia atau tempat berdiri yang nyaman dan aman. Selalu utamakan kursi prioritas bagi yang membutuhkan.

Selama perjalanan pastikan anda selalu mendengarkan informasi petugas KRL karena masinis akan selalu menginformasikan setiap stasiun pemberhentian supaya anda tidak turun di salah stasiun.

Nah sampailah kita di stasiun tujuan atau stasiun transit, tetap tenang tunggu sampai KRL berhenti dengan sempurna dan tidak perlu keluar KRL tergesa-gesa. Selalu perhatikan celah peron dengan kereta untuk keselamatan dan selalu perhatikan keluarga dan barang bawaan anda.

Jika anda belum sampai stasiun tujuan/akhir tapi baru sampai di stasiun transit maka ulangilah langkah menunggu dan perjalan bersama KRL.

 

TIBA DI STASIUN TUJUAN/AKHIR

Saat anda tiba di stasiun tujuan, bacalah petunjuk arah keluar stasiun atau bisa menanyakan kepada petugas stasiun untuk lokasi yang sesuai karena di stasiun memiliki lebih dari satu pintu akses masuk/keluar dengan lokasi yang berbeda.

Saatnya keluar stasiun saatnya kembali tap kartu pembayaran elektronik, selalu pastikan untuk tetap menjaga kartu pembayaran elektronik agar tidak hilang, tertinggal atau merasa kehilangan di dalam kereta.

Berbeda dengan gate pintu masuk stasiun, mesin tap kartu untuk akses keluar adalah di sebelah KANAN.

 

Perlu diingat jika masuk kita tap kartu di sebelah KIRI dan saat keluar kita tap kartu di sebelah KANAN, silakan maju setelah indikator gate berwarna hijau

 

Bagi anda yang tidak menggunakan kartu single/multi trip milik KRL bisa langsung meninggalkan stasiun dan lanjutkan perjalanan ke tujuan akhir anda, jika sebaliknya silakan antri untuk mengembalikan kartu dan mengambil uang deposit di loket setiap stasiun.

 

Bagaimana menurut anda, cukup mudah dan menyenangkan bukan?

 

Fasilitas KRL sudah cukup baik karena full AC dengan pintu otomatis, melarang aktivitas berjualan dan mengamen di dalam KRL sehingga menambah nilai kenyamanan kita saat menggukan angkutan umum modern ini.

Di stasiun pun dibuat nyaman dengan adanya fasilitas mushola, minimarket, toko makanan, eskalator dan sebagainya. Jadi kita tidak punya alasan lagi untuk tidak menggunakan angkutan umum jenis KRL ini, ditambah jangkauan yang cukup jauh.

Bagi yang memiliki kendaraan mobil dan motor, jangan khawatir karena di setiap stasiun memiliki kantung-kantung parkir yang cukup memadai dan sistem pembayarannya cukup menggunakan kartu pembayaran elektronik.

 

map rute KRL

Peta rute KRL Commuter line

 

Jangkauan KRL :

  • Ujung barat : Tangerang, Maja, Rangkasbitung
  • Ujung selatan : Depok, Bogor, Nambo
  • Ujung timur : Bekasi dan Cikarang

 

Selamat mencoba dan semoga menyenangkan.

Silakan bagikan tulisan ini untuk teman dan kerabat yang membutuhkan, lalu ceritakan pengalaman anda naik KRL Commuter line di kolom komentar di bawah ini.

 

 

SEISMIL harikehari.id