Select Page

harikehari.id – Pembangunan jalan raya di perkotaan tidak pernah berhenti namun kepadatan jumlah kendaraan pun tiada pernah menurun. Berbagai macam solusi dilakukan pemerintah seperti melebarkan jalan, menjadikan satu arah (one way), membuat tempat putaran khusus, penambahan rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya dan semua itu demi kelancaran lalu lintas alias tidak adanya kemacetan. Solusi kemacetan akan terus menerus dikembangkan bahkan penambahan angkutan transportasi umum modern terus dibangun.

Apakah anda sudah beralih ke kendaraan umum?

 

POPULASI MOBIL MATIK SEMAKIN HARI SEMAKIN MENINGKAT

 

Solusi tercepat bagi kita sebagai pemilik atau pengendara kendaraan yaitu mengendarai kendaraan yang mengurangi efek lelah berkendara saat kemacetan melanda. Sejak dulu atau sekitar 20 – 30 tahun lampau mobil dengan pilihan selain transmisi manual sudah tersedia, transmisi apakah itu? Iya benar sekali, transmisi otomatis sering disebut automatic transmission, A/T dan yang paling populer di kalangan kita adalah mobil matik. Mengambil contoh 10 – 15 tahun lampau, masih banyak pengendara dan pemilik mobil yang meyakini bahwa memiliki dan mengendarai mobil matik kurang menguntungkan.

Mengapa demikian?

Apakah hanya mitos saja?

 

BERIKUT ASUMSI-ASUMSI MASYARAKAT YANG SERING KITA DENGAR :

  • Mobil matik tidak memiliki tenaga dibandingkan dengan mobil manual karena tidak dapat mengatur kopling secara manual
  • Perawatan mobil matik ribet dan mahal dibandingkan dengan mobil manual karena banyak komponen-komponen kecil
  • Harga jual kembali mobil matik bekas tidak lebih baik dari mobil manual karena jarang peminat
  • Jika mogok karena keausan aki tidak bisa didorong layaknya mobil manual
  • Seperti tidak mengendarai mobil karena pola kebiasaan manual yang tidak mengatur atau memainkan tuas transmisi terus menerus
  • Lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan mobil manual

 

Masih banyak lagi alasan selain yang disebutkan dari poin-poin di atas tapi perlahan image atau citra mobil matik semakin hari semakin baik. Menurut anda karena apa ya?

Setuju, karena kondisi jalan saat ini semakin hari semakin padat dan berimbas pada kemacetan, setiap hari sudah menjadi rutinitas harus mengendarai kendaraan namun perlu disiasati agar tidak berimbas ke hal lain seperti cepat merasa lelah.

 

Citra mobil matik seperti kurang bertenaga, tidak bisa diajak berakselerasi, perawatan lebih mahal dan harga jual menurun drastis saat ini sudah mulai disiasati oleh produsen-produsen mobil. Penambahan teknologi dan perkembangan informasi menjadikan calon pemilik mobil melirik dan bahkan langsung menentukan pilihan mobil dengan transmisi matik daripada manual. Awalnya mobil diciptakan untuk memindahkan kita atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya, namun saat ini trend sudah berubah yaitu dengan adanya pertimbangan penambahan sektor kenyamanan. Disebutkan poin-poin di atas yaitu berkaitan dengan lebih boros mobil matik dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan mobil manual, sepertinya ini perlu diakui.

Menurut anda apakah mobil matik lebih boros? Bantu kami untuk memberikan informasi tambahan ke di kolom komentar.

 

Dari pengalaman penulis bahwa mobil matik lebih boros dibandingkan mobil manual, jika dibuat perbandingan perlu disamakan dengan segala aspek seperti :

  • Jenis mobil
  • Tahun pembuatan
  • Jenis bahan bakar
  • Cara mengendarai
  • Jenis jalan yang dilalui
  • Jumlah penumpang
  • Kondisi cuaca dan sebagainya

Apa yang menyebabkan menjadi lebih boros dan kenapa mobil manual lebih irit bahan bakar?

Yang menyebabkan menjadi lebih boros yaitu mobil matik perlu putaran lebih tinggi agar mobil dapat melaju. Jika saat berkendara mobil manual, putaran rendah sekalipun (anggap saja di putaran di bawah 1000 RPM) dengan mengangkat pedal kopling mobil masih dapat melaju walau sangat pelan. Tentu saja tidak untuk semua kontur/jenis jalan, kondisi jalan menanjak sudah pasti mobil matik bekerja ekstra keras sehingga menjadikan mobil manual lebih irit. Terlebih pada kondisi kemacetan yang menuntut STOP and GO.

 

Lalu apakah mobil matik bisa lebih irit dari mobil manual? Jawabannya adalah bagaimana cara kita mengendarai mobil matik itu sendiri, setidaknya kita sudah mencoba mengendarai agar mobil lebih efisien walau tanpa perlu komparasi dengan manual. Bahkan hukum ini dapat berlaku sebaliknya, mobil manual akan menjadi lebih boros jika cara berkendara anda yang kurang sesuai.

 

BERIKUT APA-APA SAJA YANG PERLU ANDA LAKUKAN :

 

KURANGI PENGGUNAAN REM BERLEBIHAN, SELALU PREDIKSI JARAK AMAN

Waduh, membatasi penggunaan rem akan sangat berbahaya bukan? Bukan itu maksud kami, tapi untuk perjalanan tertentu sebaiknya mengatur gas lebih ekstra dibandingkan penggunaan rem berlebihan. Jadi tekan pedal gas perlahan secukupnya dan lepaskan dengan prediksi pengurangan kecepatan daripada harus menekan pedal rem untuk mengatur kecepatan. Efeknya selain lebih irit bahan bakar, secara tidak langsung kampas rem anda akan lebih irit pula. Saat anda mengendarai mobil matik, rasa nyaman pun timbul tanpa harus berlaku efektif dalam pengaturan gas dan rem, berbeda dengan mobil manual karena harus sibuk dengan pedal kopling dan tuas transmisi.

 

ATUR LAJU KECEPATAN

Atur kecepatan konstan. Melanjutkan poin sebelumnya bahwa selalu menjaga laju mobil dalam kecepatan konstan.

 

GUNAKAN BAHAN BAKAR SESUAI

Saat ini rata-rata mobil keluaran terbaru sudah dengan kompresi tinggi sesuai standar emisi pemerintah, sebaiknya gunakan yang sesuai atau minimal dengan oktan 92. Efeknya adalah pembakaran di dalam mesin yang sempurna, menghindari mobil “glitik” atau knocking dan jauh dari perawatan ekstra dalam waktu dekat.

 

GUNAKAN DAN BIJAK DALAM PENGOPERASION AC (AIR COND)

Jika kondisi awal suhu udara sangat panas anda bisa memberikan ekstra dingin terlebih dahulu namun jika kondisi udara dalam kabin mobil sudah mulai sejuk kurangilah suhu yang wajar. Gunakan pula kaca film terbaik untuk membantu mengurangi panas matahari.

 

PASTIKAN BAN, PELEK DAN TEKANAN ANGIN SESUAI STANDAR

Gunakan ban dan pelek sesuai standar pabrik, tidak lupa jaga tekanan ban sesuai.

 

PERAWATAN RUTIN

Lakukan rutin perawatan yang direkomendasikan pabrik mobil, anda dapat membaca di buku manual.

 

BAHAN BAKAR TERBAIK UNTUK KENDARAAN TERBAIK

 

Penjualan mobil dengan transmisi matik terus meningkat apalagi di kota-kota besar yang hampir setiap hari harus menerjang kemacetan. Kita semua masih bisa menjadi eco-driver demi hidup yang lebih efisien. Kembali kepada tujuan anda membeli mobil, harga unit mobil berjenis transmisi matik lebih mahal sedikit dibandingkan dengan manual, tapi jika dibandingkan dengan efisien tenaga, pikiran dan pengelolaan stress, kenapa tidak mobil matik menjadi pilihan utama anda.

 

Jangan lupa bagikan cerita ini ke teman, keluarga dan kerabat agar lebih bermanfaat lagi ke orang banyak. Silakan ceritakan pengalaman anda dengan mobil matik kesayangan di kolom komentar.

 

 

SEISMIL – harikehari.id