Select Page

KERJASAMA DENGAN ANGGOTA KELUARGA DI RUMAH MERUPAKAN HAL TERINDAH SEPANJANG MASA

harikehari.id – Rumah adalah tempat melepaskan lelah, tempat beristirahat untuk mengumpulkan energi agar hari esok kembali fit menghadapi segala aktivitas. Di rumah pula tempat berkumpulnya keluarga karena tempat inilah yang menjadikan setiap insan untuk pulang. Ekspektasi yang muncul di benak adalah rumah kondisi bersih, rapi, sejuk dan nyaman tapi pada kenyataan yang sering terjadi kondisi rumah berantakan dan kurang bersih.

 

Bagi sebagian orang lebih senang menyerahkan urusan kebersihan dan kerapian rumah ke asisten rumah tangga, sebagian lagi tidak. Mengapa? Karena memiliki asisten rumah tangga perlu persiapan yang sangat matang, antara lain :

  • Mempersiapkan uang untuk gaji mingguan atau bulanan
  • Mempersiapkan ruangan untuk mereka beristirahat
  • Mempersiapkan keamanan karena orang asing akses ke dalam rumah
  • Mempersiapkan mental jika mereka bekerja belum maksimal
  • Jika mereka muslim harus mempersiapkan THR (tunjangan hari raya)
  • Menambah porsi makanan dan minuman di rumah
  • Mengenalkan aturan, pelanggaran dan sanksi yang berlaku di rumah
  • Mempersiapkan kondisi tidak bebas karena ada orang lain selain keluarga di rumah

 

Dari persiapan yang disebutkan di atas tentunya tidak mudah, namun jika persiapan telah dilalui maka banyak pula keuntungan yang anda dapatkan.

Seperti apakah itu?

  • Rumah anda akan rapi dan bersih setiap saat
  • Pakaian sekeluarga akan bersih, rapi dan siap dikenakan kembali
  • Meringankan pekerjaan rumah lainnya
  • Ada orang sebagai penjaga rumah atau bahkan keluarga anda
  • Ada teman mengobrol saat merasa takut atau sepi di rumah

 

Tentunya pekerjaan rumah anda dapat diserahkan sebagian atau seluruhnya ke asisten rumah tangga dan anda bisa fokus untuk aktivitas lainnya.

Namun bagaimana jika anda menginginkan rumah bersih dan rapi tanpa menggunakan jasa asisten rumah tangga? Apa saja yang perlu saya lakukan? Darimana saya harus memulai pekerjaannya?

Untuk menjalankan tantangan ini, perlu disepakati dulu terhadap diri sendiri dan lingkungan dalam rumah lainnya. Lingkungan rumah lainnya yaitu istri dan anak anda. Kesepakatan ini untuk membentuk dan menjalankan komitmen agar terlaksananya rumah rapi dan bersih tanpa asisten rumah tangga. Hal-hal apa saja yang perlu dijalankan, berikut pembahasannya.

 

YANG UTAMA, KEMBALI KEPADA DIRI SENDIRI

Selalu menjaga kebersihan rumah dimulai dari anda sendiri. Apa artinya? Jadi anda secara tidak langsung menjadi petugas kebersihan terhadap aktivitas anda sendiri. Sikap ini melatih kedisiplinan dalam diri secara tidak langsung.

Contoh :

  1. Saat anda membuang sampah apapun itu bentuknya diusahakan anda langsung buang ke tempat sampah, jangan ditaruh di tempat manapun sebagai tempat pembuangan sementara
  2. Jika menemukan sampah apapun, dimanapun, dalam bentuk apapun dan kapanpun, segera anda ambil dan buanglah pada tempat sampah yang seharusnya

 

MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

 

TAHAPAN PEMBAGIAN TUGAS

Komunikasikan dengan seluruh isi rumah baik itu istri dan anak-anak anda, bagilah tugas sesuai kemampuan dan ketersediaan waktu.

Contoh :

Tugas suami

  • Membersihkan lantai rumah dan kamar mandi
  • Membantu mencuci piring
  • Memandikan anak-anak balita
  • Memeriksa rutin kondisi kendaraan (mobil dan motor)
  • Membuang sampah ke luar rumah

 

Tugas istri

  • Memasak makanan dan persiapannya
  • Menyuapi makan anak
  • Mencuci pakaian dan menjemurnya
  • Mempersiapkan perlengkapan sekolah anak

 

Tugas anak-anak

  • Bantu merapikan mainan
  • Bantu mengangkat pakaian kering dari jemuran
  • Bantu mengambilkan sesuatu atau peralatan

 

Dari contoh pembagian tugas di atas, perlu hal-hal penunjang lain agar pekerjaan tidak menjadi sangat berat. Nanti akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

 

PENUNJANG DI DALAM PEKERJAAN

Saat melakukan pekerjaan yang telah disebutkan, seringkali anda merasa enggan melakukan dikarenakan merasa lelah bahkan sebelum pekerjaan dimulai pun saat itu pula anda merasa langsung lelah. Berikut beberapa cara agar pekerjaan yang dilakukan dirasakan tidak terlalu berat.

 

  1. Membersihkan lantai

Disarankan anda memiliki vacuum cleaner, ukuran kecil dapat dibeli dengan harga IDR 500,000. Investasi barang untuk menghemat energi ini bisa menghemat tenaga sampai 3 tahun. Lalu disarankan memiliki alat pengepel dengan ember dan perasan dalam satu paket karena berfungsi menghemat tenaga dan menyenangkan saat digunakan, tidak perlu memeras dan posisi tubuh membungkuk.

  1. Membersihkan kamar mandi

Sebaiknya anda memiliki sikat lantai dengan gagang, untuk apa? Menyikat lantai kamar mandi akan lebih mudah saat anda berdiri dibandingkan jongkok dan tingkat kebersihan menjadi lebih maksimal.

  1. Mencuci pakaian

Disarankan memiliki mesin cuci, hal ini untuk menghemat waktu, air dan tenaga. Diusakan dipilih pakaian yang aman dan tidak rusak jika ingin menggunakannya. Jika anda memiliki uang lebih disarankan membeli dengan produk model bukaan depan, kenapa? Karena mesin cuci dengan model bukaan depan memiliki kelebihan dalam hemat penggunaan air dan kebersihan yang maksimal.

 

PENYESUAIAN PEKERJAAN

Setelah mempersiapkan hal-hal yang menjadi penunjang, perlu adanya siasat lain.

Siasat apa itu? Dan untuk apa?

Berikut kondisi-kondisi yang perlu anda sesuaikan.

  1. Membersihkan lantai rumah dari debu tidak perlu dilakukan setiap hari, 1 minggu sekali cukup namun jika ada area yang perlu diperhatikan dapat anda lakukan cukup dengan vacuum cleaner setiap dua hari sekali
  2. Sama halnya dengan kamar mandi, seminggu sekali atau dua minggu sekali sudah cukup. Cara pengerjaannya pun perlu disiasati agar tidak cepat lelah. Misalnya minggu pertama anda menyikat lantai dan minggu selanjutnya anda dapat membersihkan kloset dan aksesoris. Sebagai catatan sebelumnya, bahwa menggunakan sikat lantai bergagang akan lebih mudah dan menyenangkan jadi dapat dilakukan sebelum anda mandi pagi karena cukup 1-2 menit saja.
  3. Bagaimana dengan menyetrika? Kan ini hal paling berat, apa siasatnya dan belum dibahas di atas? Iya benar ini hal yang sangat berat dan menyita waktu. Disarankan untuk pekerjaan setrika pakaian sehari-hari bisa diserahkan kepada LAUNDRY atau CUCI KILOAN terpercaya di sekitar rumah anda. Rata-rata untuk setrika perhitungan 1 kg kurang lebih 5-8 ribu rupiah, satu minggu rata-rata 10 kg untuk keluarga (suami, istri dan dua anak). Jika dikalikan satu bulan hanya mengeluarkan 200 ribu rupiah saja namun bergantung seberapa seringnya anda mengganti pakaian. Pakaian dalam dan pakaian bagus lainnya bisa anda setrika sendiri karena tidak menyita waktu banyak. Perlu diingat sebaiknya setiap pakaian yang dititipkan sudah dicatat terlebih dahulu, menghindari kerisauan dengan jasa laundry atau cuci kiloan.

 

HAL PENTING LAIN

Jika kondisi rumah anda sudah bersih dan rapi, rayakan bersama keluarga sangatlah penting. Misalnya dengan menonton televisi dan bersantai sejenak di ruang keluarga sambil menatap lantai yang mengkilap lalu sambil menikmati makanan ringan akan menjadikan rasa lelah anda perlahan berkurang.

Tidak adanya pemaksaan, artinya jika anda sekeluarga sedang sibuk atau lelah sehingga tidak dapat melakukan kegiatan bersih-bersih pada saat itu pula sesuai jadwal yang telah anda tentukan sebaiknya tidak perlu dipaksakan, bersikap fleksibel pada diri sendiri dan keluarga namun tetap berkomitmen melakukan di lain waktu.

Bagaimana? Apakah anda masih ragu untuk melakukan sendiri tanpa asisten rumah tangga?

Informasi dan tips ini diasumsikan jika memiliki 2 anak dengan usia 1-5 tahun, namun jika kondisi lain seperti baru menikah (tanpa anak) atau usia anak sudah di atas 7 tahun sudah seharusnya pekerjaan di atas akan lebih mudah dan semakin ringan.

 

KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN

 

Dengan cerita ini menggambarkan bahwa tanpa asisten rumah tangga di rumah tidak serta merta menjadikan rumah mencekam tapi semua itu kembali kepada mindset anda sendiri. Walau seharian lelah beraktivitas namun pulang melihat kondisi rumah berantakan, bersikap tenang, bersabarlah dan tidak perlu menyalahkan siapapun. Karena jika kelak anda telah menjadi tua bersama istri/suami, hal-hal seperti ini menjadi hal-hal yang merindukan dan selalu teringat di dalam memori kehidupan keluarga anda.

Keuntungan secara finansial pun akan berpengaruh, jika dihitung pengeluaran untuk asisten rumah tangga dengan segala keperluannya (makan, minum, THR, pulsa, dan sebagainya) kurang lebih setiap bulan harus dianggarkan IDR 800,000 – 1,500,000. Dikalikan setahun dan tahun-tahun selanjutnya sudah tentu anggaran ini bisa dialokasikan untuk hal-hal lainnya (liburan atau pembelian barang) namun perhitungan ini kembali pada masing-masing keluarga karena kondisi, keperluan, kemampuan dan tenaga setiap keluarga berbeda-beda.

 

Selamat mencoba dan bagikan cerita ini ke teman dan kerabat, silakan ceritakan pengalaman anda di kolom komentar.

 

 

SEISMIL – harikehari.id

 

 

Baca juga :

BINGUNG MAU PILIH INTERNET RUMAH, COBA BACA KOMPARASI INI

OPINI – BOTOL AIR MINERAL BEKAS ORANG LAIN DIPAKAI LAGI, ANTISIPASINYA

SEPATU BARU KADANG SAKIT, INI SIASATNYA