Select Page

harikehari.id – Komponen mobil sangat beragam, bahkan tidak sedikit pemilik mobil awam tidak mengerti mana yang perlu diperiksa secara rutin dan tidak. Saat ini sudah beberapa mobil canggih sudah bisa menginformasikan jika mobil perlu pemeriksaan atau perawatan berkala. Mobil secara umum di pasaran yang notabene mobil dipakai harian untuk mendukung aktivitas sehari-hari perlu pula diperiksa berkala secara sederhana oleh kita sebagai pemilik mobil, tidak perlu mendetail layaknya montir di bengkel tetapi paling tidak terukur kondisi mobil sedang tidak dalam masalah.

 

Apa saja biasanya PEMERIKSAAN SEDERHANA YANG MASIH BISA DILAKUKAN PEMILIK MOBIL YANG AWAL :

 

  • KECUKUPAN OLI MESIN. Periksa ketinggian oli mobil dengan menarik stik control oli, posisinya cukup terlihat dan mudah dijangkau. Caranya cukup mudah dengan hanya tarik lalu periksa dengan garis sesuai standar ketinggian oli. Saat akan dipasang kembali, bersihkan dahulu ujung stik dengan kain lap kering agar pemeriksaan selanjutnya penunjukan ketinggian oli akan tetap jelas.
  • KECUKUPAN OLI REM. Cukup lihat ketinggian oli rem di tabung penampungan, pastikan posisi di antara minimal dan maksimal. Hampir pasti namun tidak selalu pada penurunan kecukupan oli juga terpengaruh oleh kondisi ketebalan kampas rem depan. Jika kecukupan dirasa kurang sesuai meter penunjuk minimal dan maksimal, tambahkan dan isi sesuai oli rem rekomendasi pabrik (dapat dibaca di buku panduan mobil anda).
  • KECUKUPAN AIR AKI. Sama halnya dengan kecukupan oli mesin dan rem, jika kurang tambahkan sesuai petunjuk yang tertera di aki.
  • KONDISI SEMUA BELT MESIN SECARA UMUM. Cukup memperhatikan kondisi belt secara umum apakah kondisi normal atau tidak normal (putus, longgar, dan sebagainya)

 

Kembali ke pembahasan bahwa radiator merupakan salah satu part penting dan jika terjadi sesuatu masalah akan menimbulkan kerusakan komponen lainnya. Perhatikan jika hal-hal berikut ini terjadi di mobil anda, hampir pasti radiator bermasalah.

 

RADIATOR MERUPAKAN KOMPONEN VITAL MOBIL ANDA

 

INDIKASI RADIATOR MOBIL BERMASALAH :

 

  • PENYUSUTAN AIR RADIATOR

Barangkali tidak setiap pagi anda periksa kondisi rutin air radiator, katakanlah hanya seminggu sekali. Jika anda melihat kondisi air di tabung reservoir mengalami penyusutan yang cukup signifikan hampir pasti kondisi radiator mobilmu bermasalah. Salah satu penyebabnya adalah adanya kebocoran halus pada radiator atau selang radiator mobil anda

 

  • BERCAK DAN TETESAN DI KOLONG MOBIL

Periksa kembali dan pastikan posisi air rembesan adalah benar-benar muncul dari radiator mobilmu karena timbulnya air di kolong mobil bisa saja dari air AC, air tabung wiper dan air lain bukan dari mobil anda. Biasanya jika air radiator standar mobil saat ini menggunakan air radiator tersendiri dan standar berwarna, cukup memudahkan membedakan antara air radiator atau air lainnya. Penyebab terjadi hal ini karena adanya kebocoran yang sangat berbahaya di radiator atau selang radiator.

 

  • AIR DI TABUNG RESERVOIR NAIK TURUN

Posisi air di tabung reservoir naik dan turun tidak teratur. Dari dua kondisi di atas pemeriksaan yang bisa dilihat saat mobil anda dingin atau belum dinyalakan. Kondisi yang berbeda pada bagian ini, biasanya muncul saat mobil anda sudah dinyalakan

 

  • RADIATOR MELUAP & INDIKATOR OVERHEAT DI SPEEDOMETER MENYALA

Berkaitan poin di atas, selanjutnya akan menuju fase tiba-tiba air reservoir mobil anda meluap dan temperatur pada indikator speedometer mobil anda menunjukan “HIGH” atau kondisi mesin overheat.

 

Dari keempat indikasi di atas sudah seharusnya anda mempersiapkan untuk segera memperbaiki mobil anda, karena apa? Jika dibiarkan akan sangat menyulitkan atau bahkan menyita waktu di saat hari-hari sibuk anda.

 

MASALAH-MASALAH UMUM RADIATOR :

 

  1. Selang radiator (atas dan bawah) tertekuk, tersumbat atau bocor

  2. Kondisi radiator sudah buntu akibat kerak-kerak pada air coolant

  3. Cover atas dan bawah radiator bocor

  4. Tutup radiator sudah tidak bekerja maksimal

  5. Part lainnya bisa jadi diakibatkan water pump radiator sudah tidak bekerja normal, biasanya diakibatkan usia pakai dan kerak

 

Bagaimana cara memperbaikinya?

Kemanakah harus saya bawa?

 

YANG PERTAMA, BAWA KE TUKANG RADIATOR PINGGIR JALAN

Dengan perbaiki di tukang radiator pinggir jalan, yang dilakukan biasanya

  • Bongkar pasang radiator
  • Rojok atau membersihkan jalur-jalur dalam radiator
  • Ganti cover atas bawah
  • Ganti selang atas bawah
  • Bongkar pasang radiator water pump

 

YANG KEDUA, KUNJUNGI BENGKEL-BENGKEL KESAYANGAN

  • Bongkar pasang radiator baru
  • Bongkar pasang radiator water pump
  • Ganti baru selang, tabung reservoir dan tutup radiator

 

Bagi anda yang cukup familiar dengan perbaikan mobil dan radiator khususnya bisa bawa untuk perbaikan di tukang radiator pinggir jalan, terpenting adalah perlu diyakinkan tempat sudah terpercaya dalam menangani mobil anda.

Bagi yang masih ragu dan cukup awam, silakan bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih aman. Walaupun biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal. Namun demi kebaikan mobil anda tidak ada salahnya diserahkan kepada ahlinya agar kondisi tetap prima sepanjang hari.

 

Apakah mobil anda sudah menunjukan indikasi kerusakan radiator seperti disebutkan di atas?

Apakah masih ragu, bagaimana perbaikan yang sebaiknya dilakukan?

 

Informasi di atas diharapkan memberikan gambaran sekaligus menghindari kehilangan waktu anda di saat mobil anda bermasalah di tengah jalan.

 

Mari berbagi cerita ini dengan teman, kerabat dan sahabat agar informasi ini lebih bermanfaat lagi kepada orang banyak.

 

 

SEISMIL – harikehari.id

 

 

Baca juga :

OPINI – ALARM BIKIN AKI MOBIL TEKOR

NAIK KRL COMMUTER LINE BINGUNG, INI CARANYA

NYETIR MOBIL MATIK KOK BOROS, INI CARANYA