Select Page

harikehari.id – Senang rasanya memiliki sepatu baru, sepatu yang sudah anda idamkan sejak lama. Saat dikenakan hari pertama kok kaki terasa sakit ya? Padahal sepatu baru harusnya semua bahannya masih baik dan belum ada yang rusak.

Bahan sepatu ada beberapa macam, yang paling umum antara lain terbuat dari bahan kulit binatang, macam-macam kain, kanvas, kulit sintetis atau bahan lainnya.

Lalu apa penyebab sehingga kaki terasa sakit saat dikenakan?

 

KENYAMANAN KAKI ADALAH KENYAMANAN UTAMA SAAT BERAKTIVITAS

 

Ada beberapa faktor yang menjadikan kaki sakit, antara lain :

  1. Sepatu berkualitas kurang baik. Masih banyak sepatu yang dijual di pasaran belum mengedepankan kualitas karena sepatu seharusnya menggunakan bahan yang elastis, kuat dan sudah pasti elok untuk dilihat. Material bahan yang kaku biasanya menjadi faktor utama namun tergantung model dan peruntukan
  2. Ukuran sepatu tidak sesuai. Dilema saat membeli sepatu banyak dialami beberapa orang, ini terjadi saat sudah terlanjur jatuh cinta dengan model sepatu namun tidak didukung dengan ukuran yang sesuai. Bagi sebagian orang dipaksakan dan sebagian lagi memilih untuk menahan diri dengan batal membeli
  3. Sepatu masih belum menyesuaikan bentuk kaki. Maksudnya apa? Bukankah kita beli di awal sudah sesuai dengan ukuran? Sepatu baru dibuat mengikuti pola dan desain standar pabrik yang diharapkan sesuai dengan orang banyak namun bentuk kaki setiap orang berbeda-beda sehingga ukuran yang sesuai sekalipun belum menjadikan kaki terbiasa di tempat barunya.

 

Perlu anda ketahui bahwa kaki adalah tempat bertumpu puluhan kilogram tubuh anda lalu digunakan untuk melangkah dari satu tempat ke tempat lainnya. Terkadang kita gunakan untuk melompat, menendang atau menari, sudah selayaknya perlu perhatian khusus agar tetap terjaga kenyamanannya.

 

Dari tiga faktor disebutkan di atas, jika anda alami poin yang kedua disarankan untuk tidak dipaksakan digunakan dalam aktivitas keseharian karena jika ukuran sepatu kekecilan akan mencederai kaki atau bahkan jiwa anda sendiri. Jika ukuran terlalu besar pun selain tidak elok dilihat bisa menyebabkan kecelakaan saat dikenakan.

Apakah anda semakin dilema? Sudah pasti.

Berat rasanya hati untuk memberikan sepatu kesayangan kepada orang lain, tapi tidak perlu khawatir dan anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

 

YANG PERTAMA

Bawalah dua sepatu atau alas kaki lain bersamaan, sebaiknya anda simpan di tas, mobil atau bagasi motor anda. Sepatu baru kesayangan baru akan anda kenakan di lokasi yang benar-benar menjadi tujuan anda, misalnya: mall, ruang meeting, tempat pesta. Sesaat meninggalkan lokasi tujuan dengan segera anda ganti dengan sepatu atau alas kaki lain yang lebih nyaman. Ini untuk menjaga kaki anda dari cidera namun perlu diperhatikan aspek keamanannya.

 

YANG KEDUA

Jual kembali sepatu kesayangan anda tersebut. Awalnya memang berat melepaskannya ke tangan orang lain tapi setidaknya ada obat kesedihan dengan mendapatkan uang kembali yang dapat digunakan untuk membeli sepatu terbaik lainnya. Jual sepatu anda ke teman atau kerabat di lingkungan sekitar, jika perlu masukkan dalam iklan di situs online.

 

Selain permasalahan ukuran sepatu yang tidak sesuai, masih ada 2 faktor lainnya yang menyebabkan kaki terasa sakit saat mengenakan sepatu baru yaitu karena kualitas sepatu yang kurang baik dan sepatu baru belum menyesuaikan bentuk kaki. Berikut ini yang perlu anda lakukan

 

SIASAT KARENA MEMBELI SEPATU DENGAN KUALITAS TIDAK BAIK DAN BELUM LENTUR :

KAOS KAKI MENJADI UTAMA

Selalu kenakan kaos kaki, jika perlu kaos kaki yang tebal supaya menahan dan menghindari kaki dari cedera lecet. Gunakanlah kaos kaki yang sesuai dengan model sepatu yang anda kenakan

 

sumber foto mundobrands.co.id

 

PLESTER HANSAPLAST MENJADI PENYELAMAT

Tambahan hansaplat, saat ini sudah tersedia hansaplast khusus kaki biasanya ditempelkan di sekitar area lecet. Tempelkan hansaplast di pergelangan di atas tumit jika dirasakan sakit bagian belakang sepatu. Tambahkan di jari kelingking bagian atas, karena ukuran sepatu yang belum sesuai. Terkadang terasa sakit pada tempurung kaki bagian atas, dapat pula anda tempelkan di tempat tersebut. Fungsi hansaplast ini adalah menahan kulit bergesekan langsung dengan bagian dalam sepatu, seolah-olah ada “bumper” antara kulit kaki anda, kaos kaki dan bagian dalam sepatu

 

sumber foto id.hansaplast.co.id

 

TINGKATKAN FREKUENSI PEMAKAIAN

Khusus rasa sakit karena sepatu dirasakan belum menyesuaikan bentuk kaki, sudah menjadi keharusan semakin seringlah anda kenakan sepatu tersebut. Karena semakin sering sepatu dipakai maka semakin sepatu menyesuaikan bentuk kaki anda. Bahan atau material elastis sepatu akan melonggarkan mengikuti bentuk kaki anda, tapi tidak sebaliknya dan tidak berlaku untuk material keras atau sifatnya tidak elastis.

 

BANTUAN ALAS KAKI LAIN

Sebagai pendukung poin 3 di atas, anda pun bisa membawa alas kaki lain sebagai tambahan untuk digunakan bergantian jika kaki anda sudah benar-benar tidak kuat menahan sakit tersebut.

 

KESELAMATAN KAKI SALAH SATU FAKTOR KESELAMATAN JIWA ANDA

 

Beberapa tips di atas dapat anda aplikasikan dengan harapan sepatu idaman tetap dapat melekat di tubuh anda dengan padanan baju yang sesuai, sudah tentu akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

Tips ini tidak berlaku untuk sepatu peruntukan olahraga dan pekerja lapangan karena resiko yang diakibatkan akan fatal.

 

Selamat mencoba dan mari bagikan tips ini ke teman dan sahabat sekitar kita, silakan ceritakan pengalamanan anda dengan sepatu baru di kolom komentar.

 

 

SEISMIL harikehari.id